Jaga Kebersihan dan Kesehatan kapal, Koarmada III Laksanakan Fumigasi di Tiga Kapal Perang

TNI AL / Koarmada III | Jajaran Komando Armada III melaksanakan fumigasi (teknik pemberantasan hama dengan penyemprotan) di tiga kapal perang yakni KRI Sura-802, KRI Tatihu-853 dan KRi Madidihang- 855 di Dermaga Lantamal XIV Sorong. Sabtu ( 24/8/24).

Ini dilakukan guna pemeliharaan kapal perang dari gangguan hama seperti tikus, kecoak, laba-laba, dan rayap. “Kegiatan ini dilakukan saat kapal sandar di Pangkalan Angkatan Laut, Sorong ,” kata Kadiskes Koarmada III Kolonel Laut ( K) dr. Benny Kristyantoro, Sp.U.

Menurutnya, dengan fumigasi diharapkan dapat menciptakan dan meningkatkan lingkungan kesehatan di dalam kapal perang terutama bagi anak buah kapal selama melaksanakan kegiatan dan aktivitas di kapal perang dalam kegiatan operasi maupun selama di pangkalan.

“Kegiatan fumigasi dilaksanakan selama dua hari oleh tim dari Diskes Koarmada III dipimpin oleh Kasubdis kesum Diskes Koarmada III Letkol laut (K) dr Indra Wijayanto SpB. Dalam pelaksanaan Fumigasi mulai dari penyemprotan sampai bekerjanya obat secara efektif dibutuhkan waktu sekitar 16 jam dengan kondisi ruang-ruang kapal perang tertutup rapat dengan menggunakan  obat jenis methyl bromide 98 %.

Setelah dibiarkan beberapa saat, selanjutnya dilaksanakan pengeluaran  asap yang mengandung obat tersebut dengan membuka ruang-ruang kapal dan dilaksanakan penyedot udara dengan menghidupkan blower/penyedot udara sampai dinyatakan dengan aman dan sehat dengan menggunakan alat pengukur kesehatan.”ungkap dr. Indra 

Usai dilaksanakan kegiatan fumigasi, tahapan selanjutnya adalah pembersihan  bangkai hama.

”Setelah disemprot ditemukan puluhan hama tikus yang mati dan banyak hama kecoa dan laba-laba yang ditemukan mati di ruang-ruang kapal perang,” tutur Letkol Indra wijayanto.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Gita Anjara Samudera" Drumband SMK KAL-1 Getarkan Kota Lamongan

Kolonel (Purn) R. Joko Heriyanto, S.E., M.M., CHRMP Nahkodai Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah

Pengawas Perwakilan Semarang Yayasan Hang Tuah di Serahterimakan